Kamis, 30 Agustus 2012

Pengertian LAN, MAN, dan WAN

LAN

Local area network atau yang lebih dikenal dengan LAN merupakan salah satu contoh jaringan komputer. Jaringan komuter dibangun dalam bentuk dan ukuran yang berbeda - beda sesuai dengan kebutuhan. Bila awalnya hanya dikenal LAN (local area network) dan WAN (wide area network), maka saat ini mulai dikenal juga MAN (metropolitan area network), Storage area network, server area network, dll.

 

      

MAN 

Metropolitan Area Network (MAN) pada dasarnya merupakan versi LAN yang berukuran lebih besar dan biasanya memakai teknologi yang sama dengan LAN. MAN merupakan pilihan untuk membangun jaringan komputer antar kantor dalam suatu kota. MAN dapat mencakup perusahaan yang memiliki kantor-kantor yang letaknya sangat berdekatan dan MAN mampu menunjang data dan suara, bahkan bias disambungkan dengan jaringan televisi kabel. Jaringan ini memiliki jarak dengan radius 10-50 km. Didalam jaringan MAN hanya memiliki satu atau dua buah kabel yang fungsinya untuk mengatur paket data melalui kabel output.           

  

WAN 

WAN Merupakan jaringan komunikasi data yang secara geografis mencakup area yang sangat luas, lingkup nasional, regional dan global dan sering menggunakan sarana fasilitas transmisi umum seperti telepon, kabel bawah laut ataupun satelit.Protokol yang digunakan dalam WAN
Media yang melayani komunikasi WAN adalah termasuk dalam Physical layer dalam 7 OSI Layer. Data yang lalu-lalang di dalam media WAN tersebut diatur dengan menggunakan seperangkat aturan yang ada di dalam layer Data link dalam 7 OSI layer.       
       

     

Tidak ada komentar:

Posting Komentar